APAKAH DI ALAM KUBUR ADA PERTANYAAN

 

TIGA PERTANYAAN DI ALAM KUBUR

Ketahuilah ketika seorang manusia (anak adam) mati dan telah di kuburkan maka dia akan mendapati 3 pertanyaan dari malikat.

Allah SWT berfirman:

يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ وَيُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ

 Tuhan meneguhkan orang-orang yang beriman dengan perkataan yang teguh itu di kehidupan dunia ini dan di akhirat.dan Alloh menyesatkan orang-orang yang lalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki:"(QS Ibrohim :27).

 Dari  Al-Bara bin Azib:Nabi Shallalahu 'alaihi wasalam menjelaskan“Allah akan menguatkan keimanan orang-orang yang beriman dengan kata-kata yang teguh di dunia dan di akhirat.”

 Nabi Shallalohu 'alaihi wasalam bersabda:

فِى الْقَبْرِ إِذَا قِيلَ لَهُ مَنْ رَبُّكَ وَمَا دِينُكَ وَمَنْ نَبِيُّكَ

 Ketika beliau di alam kubur mereka akan ditanya, “Siapakah Tuhanmu, apa agamamu, dan siapakah Nabimu? (HR. Tirmidzi, No. 3120. Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini adalah Hasan Sahih. Hadits ini juga terdapat dalam Bukhari No.2. 1369 dan Muslim No.2871).

kuburan menjadi sempit

 Setelah jenazah ditempatkan di dalam kubur, ia ditekan dan dijepit oleh tanah kuburan.Tidak ada yang luput dari himpitanya. Beberapa hadis menjelaskan bahwa makam Sa'ad bin Mu'adz Radhiyallohu 'anhu kuburanya menyempit.padahal kematiannya mengguncang singgasana dan membuka pintu surga, yang disaksikan oleh 70.000 malaikat.Dalam Sunan An Nasai, Ibnu Umar berkata, "Semoga Allah memberkati dan memberinya kedamaian."

Rasululloh shollallohu 'alahi wasalam bersabda:

هَذَا الَّذِى تَحَرَّكَ لَهُ الْعَرْشُ وَفُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَشَهِدَهُ سَبْعُونَ أَلْفًا مِنَ الْمَلاَئِكَةِ لَقَدْ ضُمَّ ضَمَّةً ثُمَّ فُرِّجَ عَنْهُ

 “Itulah yang membuat Arsy bergetar, ‘pintu-pintu langit dibuka dan 70.000 malaikat telah melihatnya.’ sungguh dia di himpit dan di jepit oleh kubur. akan tetapi kemudian dia telah dibebaskan (HR An Nasai dari Umar ra).

Hadits Musnad Imam Ahmad mengatakan:

إِنَّ لِلْقَبْرِ ضَغْطَةً وَلَوْ كَانَ أَحَدٌ نَاجِياً مِنْهَا نَجَا مِنْهَا سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ

“ sesungguhnya di dalam makam itu ada yang menyempit. Jika ada yang selamat darinya, itu adalah Saad Bin Muadz.(HR. Ahmad, 6:55. Syaikh Shuaib al-Arnaut mengatakan hadits ini shahih).

“Sahabat Abdullah bin Abbas radhiyallahu 'anhu, ia meriwayatkan:

 Nabi shallohu 'alaihi wasallam bersabda:

لَوْ نَجَا أَحَدٌ مِنْ ضَمَّةِ الْقَبْرِ لَنَجَا سَعْدُ بْنُ مُعَاذٍ و لَقَدْ ضُمَّ ضَمَّةً ثُمَّ روخي عَنْهُ

“Jikalau ada seorang yang selamat dari penyempitan kubur, niscaya Sa’ad bin Mu’adz akan selamat. Akan tetapi, sungguh kuburnya telah disempitkan dengan sangat sempit, kemudian dilapangkan (setelah itu) untuknya. (HR. Thabrani).

Bahkan sampai kuburan bayi dan anak kecil tidak selamat. Dari Anas bin Malik radhiyallahu `anhu,

 Nabi shallallahu `alaihi wa sallam bersabda:

لَوْ أَفْلَتَ أَحَدٌ مِنْ ضَمَّةِ الْقَبْرِ لَأَفْلَتَ هَذَا الصَّبِيُّ

“Jikalau selamat dari penyempitan kubur, maka niscaya bayi ini akan selamat.” (HR Thabrany).

Al-Hakim At Tirmidzi berkata, “Penyebab penyempitan ini adalah karena tidak ada seorang pun yang terlepas dari berbuat Dosa, Oleh sebaba itu, sebagai imbalannya dia akan dibalas dengan penyempitan tanah kuburan tersebut, kemudian rahmat Allah akan dilimpahkan kepadanya.”

 Ada 3 Hal larangan terkait dengan Kuburan

 Dari Jabil Radhiyallohu 'anhu beliau berkata:

نَهَى رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَنْ يُجَصَّصَ الْقَبْرُ وَأَنْ يُقْعَدَ عَلَيْهِ وَأَنْ يُبْنَى عَلَيْهِ

“Rasulullah shallallahu `alaihi wasallam, mengharamkan mengapur kubur, duduk di atas kubur, dan mendirikan bangunan di atas kubur.” (HR) Muslim, No. 970).

Dampak Negatif Membangun di atas Kuburan kalo itu pemakaman umum:

 * Kalau pemakaman umum nantinya susah untuk bergantian dengan mayit yang lainya.

 *Termasuk pemborosan harta benda jika dilakukan di pemakaman umum, toh nantinya akan dibongkar ketika orang orang lain butuh untuk penguburan mayit yang lainya.

*Termasuk penyebab menyempitnya lahan pemakaman umum.

Dan shalat di depan kuburan juga dilarang

 *Sholat tidak diperbolehkan di kuburan kecuali sholat jenazah.

 Abu Said Al Qudri Radhyalallohu 'anhu, dari Nabi Shallallohu 'alaihi Wasalam bersabda:

اَلْأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلَّا اَلْمَقْبَرَةَ وَالْحَمَّامَ

“Seluruh bumi adalah masjid (tempat shalat) kecuali makam dan kamar mandi” (HR Tirmidzi, no.317; Abu Dawud, no.492; Ibnu Majah, no.745; Ahmad, 18:312. Hadits ini sesuai dengan syarah Bukhari dan  Muslim, namun hanya berbeda  pada Maushur atau Mursal. Syekh Ahmad Shakir membenarkan hadits ini.

Posting Komentar untuk "APAKAH DI ALAM KUBUR ADA PERTANYAAN "